Jumat, 25 Februari 2011

sub,sistem dan supra sistem


 S O A L
 Pasien A ( 60 th ) di rawat di ruang Penyakit Dalam sejak 6 hari yang lalu, karena    tidak mau makan badanya lemah.             
Hasil laboratorium dan TTV tidak ditemukan kelainan ( Semuanya normal )
- Menurut anak tertua ny.A . Ibunya mengatakan lemas dan tidak mau makan sejak adiknya
   Meninggal 7 hari yang lalu.
- Suami ny A meninggal 4 tahun yang lalu.
- Ny.A akan di bawa pulang jika tidak ada perubahan.
- Perawat merasa  tidakj berhasil untuk melakukan asuhan keperawatan,jika ny A pulang
   Dalam kondisi tidak ada perubah.

IDENTIFIKASI

SUB SISTEM
S E L
 Sel merupakan bag terkecil dari tubuh dan setiap jaringan organ Terdapat sel, termasuk sel yang terdapat pada sal pencernaan. Sel autosom/Sel tubuh  mempunyai proses perkembangbiakan Atau pembelahan untuk berkembang biak.Beberapa bahan makan/cairan yg diserap oleh Sel digunakan sebagai Bahan baker, bila bahan makanan/cairan dipecahkan (katabolisme )Energi yg disimpan didlmnya keluar kemudian digunakan sel sbg  Bahan panas, sekresi kel,gerak & fungsi syaraf. Sel sel yg rusak terjadi proses pergantian,pertumbuhan & perbaikan, maka proses ini disebut proses METABOLISME SEL.
Penjabarannya :
Karena ny A tidak mau makan secara otomatis proses metabolisme sel terganggu yg semestinya ada asupan zat makanan/cairan yg harus diproses didalam sel, dan ini sangat menganggu proses metabolisme sel.Sehubungan dgn terganggunya proses tersebut maka sel mengambil zat makanan dari sel sel lain yg masih mempunyai cadangan energi pada sel tersebut.

ORGAN
Organ adalah kumpulan integrasi dari dua atau lebih jaringan yg bersama-sama melakukan fungsinya secara khusus.
Jaringan Epitel yg melapisi Lambung & melindunginya, Otot Lambung yg memproses makanan dgn gerakan peristaltiknya masuk ke usus halusuntuk diproses, dan syaraf menyampaikan tanda-tanda yg dikenali seperti lapar, haus dll.
Letak Lambung tepat dibawah diafragma, dalam keadaan kosong menyerupai tabung berbentu “ J “ , & dlm keadaan penuh menyerupai buah pear.
Kapasitas normal Lambung 1 – 2 liter.
Secara Anatomi Lambung mempunyai 3 bagian ( Fundus,Corpus dan Pilorus )
Fungsi Lambung :
-          Menampung, menyimpan makanan yg dicerna
-          Mencampur, memecahkan makanan menjadi partikel & bercampur dgn getah lambung.
-          Pengunyahan Lambung, yg diatur oleh factor syaraf & Hormonal ( Emosional,aktivitas,obat-obtan & olahraga)

Penjabarannya :
Sesuai dgn fungsi Lambung yaitu Menampung,mencampur dan pengunyahan zat makanan di dalam Lambung,
Ny. A tidak mendapatkan asupan makanan sehingga  organ pencernaan (Lambung ) tidak berfungsi secara normal yang membuat proses metabolisme di dalam lambung terganggu,sehingga  membuat tidak ada energi yang tersimpan didalam tubuh nya yang mengakibatkan ny A lemah.

SISTEM ORGAN
Tubuh manusia terdiri dari beberapa system salah satunya adalah system Pencernaan yang dimulai dari mulut,osofagus/keronggkonggan, gaster, usus halus, usus besar, dan anus.
Sistem Pencernaan terdiri dari organ yg menghasilkan energi melalui mekanisme untuk pencernaan,dan untuk pertukaran terjadinya metabolisme tubuh .
System pencernaan sangat berkaitan dgn sistem2 organ tubuh lainnnya a.n (Kardiavaskuler,urinary,syaraf. Dll)
Organ lain yang mendukung proses pencernaan adalah : hati,pangkreas,empedu,dan linfa
Penjabaraannya :
KarenA ny A ttidak mau makan sehingga tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk dicerna dan diproses maka sangat mempengaruhi sal pencernaan & organ organ pendukung system pencernaan dan sistem sistem yang lain,seperti sistem respirasi,cardiovaskuler dll.

S I S T E M

MANUSIA/INDIVIDU
Di lihat dari segi psikologis nya ny A tentang apa yang dialaminya maka kemungkinan terjadi :
-          Ny A merasa putus asa, sedih, trauma atas semua kejadian yang dialaminya.
-          Ny.A merasa tidak berguna di dalam keluarga atau merasa gagal dalam menjalankan fungsinya .
-          Ny A merasa Sang Pencipta /Tuhan tidak Adil dengan semua yang dialaminya beliaupun berkata “ Kenapa harus saya “?
Stres dapat ditimbulkan oleh perubahan faali tubuh, seseorang yang terjadi perubahan fase kehidupan akibat fluktuasi hormone dan penuaan.
Potensi stress yang utama juga dating dari pikiran yang terus menerus,perasaan sedih,kecewa,putus asa,tudak,bahagia,kurang nafsu maka,sakit kepala dll.
Ny A mengalami gangguan psikis karena kehilangan pendamping hidupnya,dan kini anaknya yang menjadi tumpuan hidupnya pun telah meninggalkannya.sehingga kurang percaya diri dan rendah hati.

SUPRA SISTEM
Mengidentifikasi masalah yg terjadi pada Ny A
Interakasi adalah hubungan yg dinamis yg menyangkut hub antara individu dan individu,individu dan kelompok,serta individu dan masyarakat.

KELUARGA

Lingkungan yang paling dekat dank arena nya sangat mudah mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang adalah keluarga.
Seorang ibu yang sudah tua,kehadiran dan perhatian anak-anaknya adalah sangat penting mempengaruhi kejiwaan dan kondisi fisiknya.Peranan keluarga sangat dibutuhkan guna memberi semangat baru,kepercayaan bahwa hidup tidak sendiri,menghibur dan menemani Ny A yang sedang berduka,dan masih ada anak yang lain yang bias menopang hidupnya.
Secara indivudu Ny.A dalam keluarga adalah berstatus sebagai seorang ibu/orangtua terhadap anak-anaknya,yaitu yang berstatus sebagai single parent yang menjadi tulang punggung keluarga,sihingga ny A adanya gangguan psikologis/stres karena ditinggal mati suami dan anaknya.Maka segala funsinya sebagai orantua tunggal ataupun penopang keluarga tidak dapat terpenuhi secara maksimal.

KELOMPOK
Orang yang banyak mengikuti kegiatan sosial seperti pengajian ,dakwah, dan kegiatan sosial lain akan merasa dirinya diperhatikan sebagai bagian dari kebersamaan.Biasanya dalam perkumpulan seperti itu, kebutuhan dan kesuliatan bersama dibicarakan.Aktifitas-aktifitas seperti itu perlu makin dikembangkan guna mengatasi rasa cemas dalam kehidupan.Dengan demikian kebutuhan akan perhatian akan dihargai.
Interakasi seorang individu dengan kelompoknya disini akan terjadi kontak sosial yang merupakan aksi dari seseorang dengan kelompoknya.
Sehubugan dengan masalah psikologis ny A yang dialaminya sehingga hubungan dengan kelomponya (missal Pengajian,RW,RT dll) mengalami kemunduran sosialnya terhadap kelompoknya yang membuat nyA sering menarik diri,sedih,putus asa melamun,merasa hidup ini terasa berat, akibatnya :
-          kurangnya komunikasi ny A terhadap kelomponnya
-          kurangnya mendapat nasihat/masukan dari orang lain
-          dll

MASYARAKAT

Masyarakat yang berpaham matrialistik cenderung induvidialis Kepakaan terhadap lingkungan sosialnya sangat rendah,hubungan interpersonal semakin fungsional dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan.seperti keramahn,perhatian,toleransi dan tenggang rasa.Mengakibatkan tekanan isolasi dan keterasingan kian kuat,orang makin mulai kesepian ditengah keramaian.
Kurangnya respon masyarakat sekitar terhadap apa yang dialami ny A yang membuat gejolak psikologisnya terganggu.
Lingkungan masyarakat yang kurang simpatik terhadap keluarga ny A .



                                            
                                           SEKIAN DAN TERIMA KASIH
                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar